Wednesday, April 5, 2017

ARTIKEL SENI BUDAYA


Pengertian Seni rupa
Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.
Seni rupa dilihat dari segi fungsinya dibedakan antara seni rupa murni dan seni rupa terapan, proses penciptaan seni rupa murni lebih menitik beratkan pada ekspresi jiwa semata misalnya lukisan, sedangkan seni rupa terapan proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu misalnya seni kriya. Sedangkan, jika ditinjau dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa terbagi 2 yaitu seni rupa 2 dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar saja dan seni rupa 3 dimensi yang memiliki panjang lebar serta ruang.
Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts.seni rupa terbagi menjadi dua bagian yakni senirupa murni dan senirupa terapan.Pengertian Seni rupa tradisional adalah unsure kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum/puak/suku/banggsa tertentu.

pengertian seni rupa modern
seni rupa modern adalah seni rupa yang tidak hanya terbatas pada kebudayaan sebuah daerah atau adat, melainkan masih tetap berdasrkan dengan sebuah filosofi dan aliran-aliran seni rupa. Seni rupa modern ini juga merupakan sebuah karya seni rupa yang dihasilkan dari kreativitas untuk menciptakan karya yang baru atau dengan kata lagi sebagai karya seni rupa pembaruan. Seni rupa moder lahir, melalui dorongan untuk menjaga standar nilai estetik yang saat ini terancam oleh metode permasalahan seni modern, yang melahirkan conceptual art atau seni konspetua, yang termasuk gerakan baru dalam menempatkan ide, gagasan maupun konsep sebagai masalah utama didalam seni. Sementara untuk bentuk, material dan objek seninya hanya sebuah akibat ataupun efek samping dari konsep seniman.







SENI RUPA PRIMITIF

Istilah primitif diam diambil dari kata Prima yang berarti pokok atau hal yang mendasar . Hal ini dapat dilihat dari kesederhanaan bentuk dan warnanya. Contoh seni patung bergaya primitif seperti terlihat pada gambar berikut ini.









SENI RUPA KLASIK

Klasik mengandung pengertian kuno atau zaman dahulu kala. Gaya klasik ini dipengaruhi oleh budaya India melalui agama Hindhu dan Budha. Hal ini dapat dilihat dari bentuk bangunan candi dan patung, seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Contoh seni patung bergaya klasik seperti terlihat pada gambar berikut ini.

   

 
  


SENI RUPA REPRESENTATIF


pengertian seni rupa representatif (Gaya seni rupa ini menggambarkan keadaan yang nyata pada kehidupan masyarakat atau keadaan alam).
  








No comments:

ARTIKEL SENI BUDAYA

Pengertian Seni rupa Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan denga...